Rabu, 02 Maret 2011

Merawat Video Cassette Recorder ( VCR )

Cara membersihkan bagian dalam VCR

Menjaga kebersihan perekam kaset video anda bisa sangat penting untuk menjaga itu berjalan selama bertahun-tahun yang akan datang. Karena mesin baru untuk memainkan kaset-katet yang telah lama disimpan mungkin tidak tersedia hamper disemua toko elektronik, atau jika ada, maka akan dilakukan melalui penjualan khusus atau vendor online. Karena itu, penting bahwa anda harus meluangkan waktu untuk mempelajari cara terbaik bagaimana merawat VCR anda sehingga dapat beroperasi untuk beberapa waktu mendatang.
Dalam rangka untuk membersihkan VCR anda, anda perlu menghilangkan debu-debu yang menempel pada VCR anda yang mungkin telah lama anda simpan dan tlah lama tidak anda gunakan. Selanjutnya bersihkan kepala VCR secara menyeluruh yang menjadi bagian dari VCR untuk membaca pita magnetik yang terkandung dalam pita kaset.
Lakukan langkah selanjutnya sebagai berikut:
·         Sebelum anda mulai membersihkan bagian dalam VCR, anda harus meluangkan waktu untuk membersihkan bagian luar VCR dari debu dengan Gunakan kapas atau tisu, bulu atau kain lap lembut yang tidak menimbulkan goresan pada VCR, atau lembaran pengering yang digunakan (yang telah melalui pengering setidaknya dua kali) untuk menghilangkan debu.
·         Bisa juga menggunakan kompresi udara (sering disebut sebagai "lap udara" atau "kaleng udara"), mulailah meniup debu di dalam VCR.  Hal ini akan membantu untuk menghilangkan semua debu yang menempel pada VCR.
·         Setelah anda selesai dengan udara yang dikompresi, anda harus menggunakan kaset VCR pembersih untuk menyelesaikan pekerjaan anda membersihkan bagian head VCR. Ini pembersih kepala yang berbentuk seperti kaset VHS standar, tapi bukannya yang  memiliki pita magnetik, di dalam mereka memiliki tape pembersih dan reservoir untuk membersihkan atau menghilangkan kotoran dari kepala atau head VCR. Tempatkan beberapa tetes larutan pembersih ke dalam reservoir dan kemudian masukkan kepala bersih ke VCR. Biarkan hingga bermain seolah-olah itu adalah standar VHS tape, hingga 60 detik.
·         Eject kaset pembersih setelah anda selesai dengan itu. VCR anda sekarang harus dibersihkan dengan baik pada bagian dalam maupun bagian luar, dan anda mungkin akan melihat peningkatan yang signifikan dalam kualitas audio dan gambar. Membersihkan VCR secara teratur (disarankan setelah setiap 20-30 jam penggunaan) yang dapat membantu untuk menambahkan jangka waktu penggunaan VCR anda dan setiap kaset VHS yang Anda miliki.
Dengan meluangkan waktu untuk membersihkan VCR anda dan tetap dalam kondisi kerja yang baik, anda dapat menikmati film favorit anda, video rumah, dan segala sesuatu dalam koleksi VHS anda selama bertahun-tahun yang akan datang.

Peralatan yang diperlukan :
·         Pompa Udara
·         VHS Head Cleaner
·         Hand Tool
·         Kain pembersih

Tips Cepat:
·         Membersihkan secara teratur dari VCR Anda tidak hanya dapat meningkatkan kualitas gambar dan suara dari apa yang Anda sedang menonton, tetapi juga dapat sangat menambah jangka waktu penggunaan kaset VHS dan mesin pada umumnya.
·         Berhati-hatilah untuk tidak menghirup udara dari alat penyemprot udara yang digunakan untuk membersihkan VCR. Banyak perusahaan sekarang menambahkan bahan kimia untuk produk udara mereka untuk mencegah mereka dari yang digunakan secara ilegal, yang menghasilkan rasa yang sangat pahit.

Hal-hal yang harus diperhatikan untuk merawat VCR :

1.   Gunakan kaset stereo HI-Fi untuk merekam, terutama pada Camcorder anda. Kaset murah atau yang tidak berkualitas akan menyebabkan penunpukan yang berlebihan dan dapat menyebabkan keausan lebih lanjut dengan drag yang berlebihan pada bagian mekanik.

2.    Selama terjadi badai atau listrik padam, cabut dari kabel VCR dari stopkontak listrik. Sebuah penindas gelombang sirancang untuk mencegah lonjakan energi yang rendah, bukan untuk gelombang langsung dari petir.

3.   Letakkan Kaset dan VCR pada tempat yang sejuk, untuk menstabilkan suhu ruangan pada VCR saat melakukan kegiatan merekam atau memeinkan kaset.

4.  Jangan gunakan pembersih head yang berbahaya, karena penbersih head video abrasive. Bahkan penbersih kaset basah akan merusak head video anda. Penbersih kaset Dengan prinsip pengamplasan akan mempersingkat masa pakai kepala video. Karena apabila head video rusak akan memerlukan bisya besar untuk melakukan penggantian tsb.

5.    Jangan menhapus rekaman dengan VCR anda, karena dapat menyebabkan kerusakan pada kereta atau gering. Cari toko professional yang dapat menghapus rekaman tanpa menimbulkan kerusakan lebih lanjut.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar